Activity:
- Guru
mengarahkan siswa untuk membentuk kelompok yang terdiri dari 3 orang
- Guru menugaskan
siswa untuk mengamati seluruh tas yang terdapat didalam kelas dan mencatat
warna dari setiap tas yang ada.
- Siswa
ditugaskan mengelompokkan tas tersebut berdasarkan warna
- Guru
memberikan tugas kepada siswanya berupa lembar kerja yang didalamnya
terdapat tugas untuk menyajikan data yang diperoleh dalam bentuk lain.
Misalnya dibuat dalam bentuk tabel, grafik atau ilustrasi sesuai kemampuan
siswa.
- Kemudian
siswa mempersentasikan hasil kerjanya tersebut didepan kelas dan siswa
lainnya menganalisis hasil kerja temannya hingga memperoleh kesimpulan sesuai
kelompok masing-masing.
- Siswa dapat
menyimpulkan sendiri mengenai pengertian dari statistika
- Setelah
itu guru mengomentari hasil seluruh pendapat siswanya, memberikan
kesimpulan akhir dan memberi penguatan.
Students’ thinking :
- siswa
menyimpulkan pengertian dari statistika
contohnya:
Ani berpendapat bahwa statistika adalah ilmu
matematika yang mempelajari tentang data
Tari berpendapat bahwa statistika adalah cabang
ilmu matematika yang membahas tentang pengumpulan, penyimpulan, penyajian serta
kesimpulan. Dll
Goal 2: Pengertian Populasi
dan Sampel
Activity :
- Guru
bertanya kepada siswanya mengenai contoh dari popualsi dan sampel menurut
pengetahuan masing-masing.
- Selanjutnya
guru menanyakan kepada siswanya mengenai pengertian populasi dan sampel
sesuai contoh yang mereka sampaikan.
- Guru
menjelaskan pengertian dan contoh mengenai ukuran sampel dan metode
penganbilan sampel.
- Pada saat
guru menjelaskan mengenai ukuran sampel, guru akan menjelaskan bahwa jika
ukuran sampel terlalu sedikit, maka ada kemungkinan sampel tidak mewakili
seluruh populasi, akan tetapi apabila ukuran sampel yang besar akan
memerlukan biaya yang besar di samping waktu dan tenaga yang besar pula.
Contohnya
:
apabila
kita akan melakukan penelitian terhadap seluruh siswa kelas sepuluh tentang kemampuan siswa tersebut dalam
pelajaran matematika.
Kemudian
apabila kita mengambil ukuran sampelnya secara acak dan hanya sepuluh orang saja maka, sampel
tersebut tidak dapat mewakili seluruh populasi,
sedangkan apabila kita mengambil ukuran sampelnya dari perwakilan setiap kelas ada kemungkinan tidak merata dan
akan menyebabkan hasil penelitian
kita tidak valin dan apabila kita mengamati seluruhnya maka akan membutuhkan waktu serta tenaga
yang besar.
Setelah
itu ada kemungkinan siswa akan bertanya bagaimana sebaiknya mengenai ukuran sampel tersebut dan guru
pun akan mengembalikan pertanyaan
tersebut kepada siswanya.
- Setelah
itu guru mengomentari hasil seluruh pendapat siswanya, memberikan
kesimpulah akhir dan memberi penguatan.
Students’ thinking :
1. Masing – masing
siswa pasti memiliki pemikiran yang berbeda – beda mengenai contoh tersebut, misalnya :
Andi berfikiran bahwa pupulasi dan sampel
diibaratkan dengan sebatang pohon mangga, dimana populasinya merupakan seluruh
mangga yang ada di batang tersebut, sedangkan sampelnya 5 mangga yang kita
ambil dari pohon tersebut.
Ani berfikir bahwa popuasi dan sempel diibaratkan
dengan seluruh rusa yang ada di padang rumput, sedangkan sampelnya merupakan
beberapa rusa yang ada di padang rumput tersebut.
Ijah populasi itu adalah keseluruhan, sedangkan
sampel merupakan bagian dari sampel.
Dwi berfikir bahwa populasi itu merupakan data
yang terbanyak, sedangkan sampelnya merupakan data yang dikit.
- Siswa akan
mempunyai fikiran yang berbeda mengenai pertanyaan akan ukuran sampel
tersebut.
Contohnya:
Tina menjawab ‘ambil sampel aja bu yaitu 3 orang
dari masing-masing kelas secara acak’,
Salah seorang siswa bernama ujang menjawab ”dari
pada pusing bu lebih baik liat nilai masing-masing aja, nilainya tanya saja
dengan wali kelasnya’hehe
Goal 3: Statistika
Deskriptif
Activity :
1. Guru menanyakan
kepada siswa apa pengertian statistika deskrptif menurut bahasa mereka sendiri,
dan kemudian beberapa siswa menjawab pertanyyan guru tersebut, guru menaggapi
jawaban siswa
2. Siswa disuruh
menyimpulkan, kemudian guru memberikan kesimpulan serta pembenaran dari seluruh
jawaban siswa,
3. Guru menambahkan
penjelasannya tetang bagian dari statistika deskriptif, yaitu ukuran pemusatan data
(mean, median dan modus), ukuran letak (kuartil dan desil) dan ukuran
penyebaran (jangkauan data, jangkauan antar kuartil, simpangan kuartil,
simpangan rata-rata dan ragam)
4. Kemudian guru
bertanya kembali mengenai pengertian
dari pemusatan data (mean, median dan modus), setelah siswa menjawab pertanyaan
dari guru tersebut dan guru menyimpulkan, guru kembali menjelaskan tentang
ukuran letak (kuartil dan desil) dan ukuran penyebaran (jangkauan data,
jangkauan antar kuartil, simpangan kuartil, simpangan rata-rata dan ragam)
5. Guru memberikan tugas
kepada siswanya berupa lembar kerja yang didalamnya terdapat soal-soal mengenai
statistika deskriptif,
6. saat siswa
mengerjakan lembar kerja, guru berkeliling di dalam kelas yang bertujuan untuk
menanyakan apa kendala mereka dalam mengerjakan soal tersebut,
7. Kemudian siswa
mempersentasikan hasil kerjanya tersebut didepan kelas dan siswa lainnya
menganalisis hasil kerja temannya hingga memperoleh kesimpulan sesuai kelompok
masing-masing.
8. Setelah itu guru
mengomentari hasil seluruh pendapat siswanya, memberikan kesimpulah akhir dan
memberi penguatan.
Students’ thinking :
1. Masing – masing siswa pasti memiliki pemikiran
yang berbeda – beda mengenai pengertian dari statistika deskiptif tersebut,
misalnya :
Roy berfikiran bahwa statistika deskiptif tersebut
adalah pengolahan data langsung di
gambarkan karena si Roy beranggapan kalau deskriptif itu berarti penggambaran
Ijong berfikir bahwa statistika deskriptif
2. siswa menjawab pertanyaan dari guru tersebut
mengenai pengertian dari ukuran pemusatan yang terdiri dari mean, median dan
modus, misalnya :
May berpendapat bahwa ‘mean adalah rata-rata, modus adalah nilai
yang sering muncul dan median adalah nitai tengah’
Tidak ada komentar:
Posting Komentar