Evaluasi
Pembelajaran Matematika
Evaluasi Pembelajaran Matematika adalah
suatu kegiatan terencana dalam mengamati objek, menggunakan instrument (
kegiatan pembelajaran) untukmendapatkan suatu kesimpulan dengan cara
mengumpulkan, menganalisis dan menginterpretasi sejauh mana tercapainya suatu
kegiatan pembelajaran.
Hubungan anatara Evaluasi, Penilaian dan
pengukuran .
Evaluasi itukan proses menilai sesuatu ,
untuk menilai diperlukan sesuatu yang berupa instrument yaitu test(kognitif dan
psikomotorik)/dan nontest(Afektif), setelah itu akan didapatkan suatu penilaian
yaitu sebuah hasil. emudian barulah evaluasi dapat dilaksanakan(apabila tidak
sesuai dengan standar) dan tergantung
dari hasil yang ada.
Tujuan Evaluasi
Pembelajaran Matematika yaitu:
1. Mendeskripsikan
Kemampuan siswa belajar matematika ( seperti member nilai cukup,baik,dll dalam
rapor)
2. Menentukan
tingkat keberhasilan siswa dalam belajar matematika
3. Mengetahui
tindak lanjut penilaian
4. Memberikan
bukti pertanggungjawaban yang dimiliki.
Jenis-Jenis Evaluasi
Pembelajaran Matematika
1. Formatif
Yaitu evaluasi untuk 1 topik materi
pembelajaran
2. Sumatif
yaitu evaluasi untuk 1 semester
3. Dianogstik
Yaitu evaluasi untuk mengukur
kondisi awal sampai akhir
Terbagi menjadi tiga tahapan :
I.
Pretest
II.
Latihan-latihan
III.
postest
Tidak ada komentar:
Posting Komentar