Evaluasi Pembelajaran


Evaluasi  Pembelajaran Matematika
Evaluasi Pembelajaran Matematika adalah suatu kegiatan terencana dalam mengamati objek, menggunakan instrument ( kegiatan pembelajaran) untukmendapatkan suatu kesimpulan dengan cara mengumpulkan, menganalisis dan menginterpretasi sejauh mana tercapainya suatu kegiatan pembelajaran.

Hubungan anatara Evaluasi, Penilaian dan pengukuran .
Evaluasi itukan proses menilai sesuatu , untuk menilai diperlukan sesuatu yang berupa instrument yaitu test(kognitif dan psikomotorik)/dan nontest(Afektif), setelah itu akan didapatkan suatu penilaian yaitu sebuah hasil. emudian barulah evaluasi dapat dilaksanakan(apabila tidak sesuai dengan standar)  dan tergantung dari hasil yang ada.

Tujuan Evaluasi Pembelajaran Matematika yaitu:
1.      Mendeskripsikan Kemampuan siswa belajar matematika ( seperti member nilai cukup,baik,dll dalam rapor)
2.      Menentukan tingkat keberhasilan siswa dalam belajar matematika
3.      Mengetahui tindak lanjut penilaian
4.      Memberikan bukti pertanggungjawaban yang dimiliki.

Jenis-Jenis Evaluasi Pembelajaran Matematika
1.      Formatif
Yaitu evaluasi untuk 1 topik materi pembelajaran
2.      Sumatif yaitu  evaluasi untuk 1 semester
3.      Dianogstik
Yaitu evaluasi untuk mengukur kondisi  awal sampai akhir
Terbagi menjadi tiga tahapan :
                                                                  I.            Pretest
                                                               II.            Latihan-latihan
                                                            III.            postest

Tidak ada komentar:

Posting Komentar