Rabu, 28 Desember 2011

Alat Peraga Untuk Menentukan Pola Bilangan dan Jumlah Bilangan Asli, Genap dan Ganjil


Jumlah Bilangan Asli, Ganjil, dan Genap
Pembelajaran tentang jumalh bilangan asli, dapat di lakukan dengan memanfaatkan alat
peraga. Dengan menggunakan Alat Peraga Jumlah Bilangan Asli, di harapkan siswa dapat memahami dn memaknai asal usul rumus jumlah bilangan asli. Bahkan, siswa dapat di dorong untuk mengembangkanide – idenya sendiri dalam rangka menemukan rumus tersebut. Alat peraga jumlah bilangan asli terdiri dari atas kepingan – kepingan persegi dalam dua warna. Tiap persegi merupakan representasi nilai dari suatu bilangan asli. Bentuknya adalah sebagai berikut.

Alat Peraga Jumlah Bilangan Asli dapat di manfaatkan pada permulaan pembelajaran mengenai jumlah n suku pertama suatu deret melalui kegiatan penemuan dengan bimbingan guru.   

   A.      Jumlah Bilangan Asli
1.       Peragakan satu persatu deret bilanagn asli secara urut.

























2.  Susunlah kepingan – kepingan persegi menjadi suatu bentuk bagunan datar yang di kenal, misal persegi panjang, segitiga, dan lain – lain, kemudian carilah luas daerah bangun tersebut.



















3. Amati pola luas daerah dari bangun tersebut untuk memperoleh jumlah n suku bilangan asli. Gunakan tabel kerja berikut agar lebih mudah dalam mengamati polanya.












4.Kesimpulan rumus umlah n suku bilangan asli adalah ½ n ( n +1 )


B.      Jumlah Bilangan Genap

  1.  Peragakan satu persatu deret bilangan genap secara urut dengan cara menyusun keping –    keping persegi menjadi suatu bentuk bangun datar yang di kenal, misal persegi panjang, segitiga, dan lain – lain.



















2.Carilah luas daerah bangun tersebut.























3. Amatilah pola luas daerah dari bangun tersebut untuk memperoleh jumlah n suku bilangan asli. Gunakan tabel kerja berikut agar lebih mudah dalam mengamati polanya.












4. Kesimpulan rumus jumlah n suku bilangan genap adalah n ( n + 1 )


C.  Jumlah Bilangan Ganjil

      1.       Peragakan satu persatu deret bilangan ganjil secara uryt dengan cara menyusun keping – keping persegi menjadi suatu bentuk bangun datar yang di kenal,misal persegi panjang, segitiga, dan lain – lain.



















2. Carilah luas daerah bangun tersebut.






















3. Amatilah pola luas daerah dari bangun tersebut untuk memperoleh jumlah n suku bialangan asli. Gunakan tabel kerja berikut agar lebih mudah dalam mengamati polanya.















4. Kesimpulan rumus jumlah n suku bilangan ganjil adalah n x n.





Created by Fitri Apriani


# Big Thanks to kak Fitri for allow us publish this design ^_^ 


Tidak ada komentar:

Poskan Komentar